Apa itu File Extension ?


File Extension (Ekstensi file) adalah akhiran di akhir file komputer. Muncul setelah titik dan biasanya memiliki jumlah dua sampai empat karakter. Jika kamu pernah membuka dokumen atau melihat gambar, kamu mungkin memperhatikan huruf-huruf ini di akhir file kamu.

Ekstensi file digunakan oleh sistem operasi untuk mengidentifikasi aplikasi apa yang dikaitkan dengan jenis file tersebut, dengan kata lain aplikasi apa yang terbuka ketika kamu membuka file tersebut. Misalnya, file bernama "gambar_seksi.jpg" memiliki ekstensi file "jpg". Ketika kamu membuka file tersebut di Windows, sistem operasi akan membuka aplikasi yang terkait dengan file JPG, dengan membuka aplikasi itu lalu memuat file tersebut. 
Apa saja jenis Ekstensi yang ada ?
Ada banyak sekali jenis ekstensi file, terlalu banyak untuk disebutkan, tetapi di sini ada beberapa contoh ekstensi file umum yang mungkin sering kamu lihat pada komputer:

* DOC / DOCX: Dokumen Microsoft Word. DOC adalah ekstensi asli yang digunakan untuk dokumen Word, tetapi Microsoft mengubah format saat debut Word 2007. Dokumen Word sekarang didasarkan pada format XML, karenanya penambahan "X" di akhir ekstensi.
XLS / XLSX: Spreadsheet pada Microsoft Excel.
PNG: Portable Network Graphics, format file gambar loseless.
HTM / HTML: Format HyperText Markup Language untuk membuat halaman web online.
PDF: Portable Document Format berasal dari Adobe, dan digunakan untuk mempertahankan format dalam dokumen terdistribusi.
EXE: Format yang dapat dieksekusi, digunakan untuk program yang bisa kamu jalankan.

Ini hanya beberapa ekstensi file yang sering terdapat di komputer kamu, masih ribuan lagi diluar sana.
Penting juga untuk menyadari bahwa ada tipe file di luar sana yang secara inheren berisiko, dan bisa berbahaya. Biasanya file tersebut dapat dieksekusi dan akan menjalankan kode tertentu ketika kamu mencoba membukanya. Berhati-hatilah dalam membuka file dan jangan membuka file kecuali berasal dari sumber tepercaya.