Apa Itu GPU (VGA)

Graphics Processing Unit atau disingkat sebagai GPU, kadang-kadang juga disebut unit  (VPU), adalah rangkaian elektronik khusus yang dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori dengan cepat untuk mempercepat pembuatan gambar dalam buffer frame yang ditujukan untuk output ke perangkat layar. GPU digunakan pada sistem embedded, telepon genggam, komputer pribadi, workstation, dan konsol game. GPU modern sangat efisien dalam memanipulasi grafis komputer dan pengolahan gambar, dan strukturnya yang sangat paralel membuat mereka lebih efisien daripada CPU tujuan umum untuk algoritma dimana pengolahan blok data besar dilakukan secara paralel. Di Personal Computer (PC), GPU hadir pada kartu grafis, atau bisa disematkan di motherboard atau-di CPU tertentu-pada CPU die.
Istilah GPU dipopulerkan oleh Nvidia pada tahun 1999, yang memasarkan GeForce 256 sebagai "GPU pertama di dunia", atau Graphics Processing Unit. Dipresentasikan sebagai "prosesor single-chip dengan integrated transform, lighting, triangle setup / clipping, dan rendering engines". Rivalnya ATI Technologies menciptakan istilah "Visual Processing Unit" atau VPU dengan rilis Radeon 9700 pada tahun 2002.


Di PC, ada dua bentuk utama GPU. Masing-masing memiliki banyak sinonim:
*Dedicated graphics card - juga dipanggil discrete.
*Integrated graphics - juga dipanggil: shared graphics solutions, integrated graphics processors (IGP), atau unified memory architecture (UMA).

Dedicated graphics cards
GPU kelas paling kuat berinteraksi dengan motherboard dengan menggunakan slot ekspansi seperti PCI Express (PCIe) atau Accelerated Graphics Port (AGP) dan dapat diganti atau ditingkatkan dengan relatif mudah, dengan asumsi motherboard mampu mendukung Upgrade.  Beberapa kartu grafis masih menggunakan slot Peripheral Component Interconnect (PCI), namun bandwidthnya sangat terbatas sehingga umumnya hanya digunakan bila slot PCIe atau AGP tidak tersedia.
Dedicated GPU tidak harus dilepas, juga tidak perlu antarmuka dengan motherboard dengan mode standar. Istilah "dedicated" mengacu pada fakta bahwa kartu grafis khusus memiliki RAM yang didedikasikan untuk penggunaan kartu, bukan pada fakta bahwa GPU yang paling berdedikasi dapat dilepas. Selanjutnya, RAM ini biasanya khusus dipilih untuk beban kerja serial yang diharapkan dari kartu grafis. GPU khusus untuk komputer portable paling sering dihubungkan melalui slot non-standar dan sering eksklusif karena kendala ukuran dan berat. Port semacam itu mungkin masih dianggap PCIe atau AGP dalam hal antarmuka host logisnya, meskipun tidak dapat dipertukarkan secara fisik dengan pasangannya.
Teknologi seperti SLI oleh Nvidia dan CrossFire oleh AMD memungkinkan beberapa GPU menggambar secara bersamaan pada satu layar, meningkatkan daya pemrosesan yang tersedia untuk grafis.

Integrated graphics
Integrated graphics, shared graphics solutions, integrated graphics processors (IGP) atau unified memory architecture (UMA) memanfaatkan sebagian dari RAM sistem komputer daripada memori grafis khusus. IGP dapat diintegrasikan ke motherboard sebagai bagian dari chipset, atau pada die yang sama dengan CPU (seperti AMD APU atau Intel HD Graphics). Pada motherboard tertentu IGP AMD dapat menggunakan memori sideport khusus. Blok memori berkinerja tinggi yang terpisah yang didedikasikan untuk digunakan oleh GPU. Pada awal 2007, komputer dengan akun grafis terintegrasi sekitar 90% dari semua pengiriman PC. Lebih murah untuk diimplementasikan daripada pemrosesan grafis khusus, namun cenderung kurang mampu. Secara historis, pemrosesan terpadu sering dianggap tidak layak untuk bermain game 3D atau menjalankan program grafis intensif namun bisa menjalankan program yang kurang intensif seperti Adobe Flash. Contoh IGP semacam itu adalah penawaran dari SiS dan VIA sekitar tahun 2004. Namun, prosesor grafis terintegrasi modern seperti AMD Accelerated Processing Unit dan Intel HD Graphics lebih dari sekedar mampu menangani grafik 2D atau grafis 3D tegangan rendah.
Karena GPU sangat intensif memori, pemrosesan terintegrasi mungkin akan bersaing dengan CPU untuk RAM sistem yang relatif lambat, karena memiliki memori video khusus minimal atau tidak. IGP dapat memiliki bandwidth memori hingga 29.856 GB / s dari RAM sistem, namun kartu grafis dapat menikmati bandwidth hingga 264 GB / s antara RAM dan inti GPU. Bandwidth inilah yang disebut sebagai memory bus dan bisa menjadi pembatas kinerja. Chipset grafis terintegrasi yang lebih tua tidak memiliki transformasi dan pencahayaan perangkat keras, namun yang lebih baru menyertakannya.

Sekian informasi tentang GPU semoga kalian semua bisa mengerti. Bila kurang paham silakan komentar dibawah. 

5 komentar

  1. GPU sebenernya ada tiga gan, yg dua udh agan sebutin. yg satu lagi GPU minyak urut gan wkwk. just kidding hehe

    BalasHapus
  2. bagus mas penjelasan vganya

    BalasHapus
  3. mantab nih penjelasan nya saran aja min kasih jarang judul nya dengan isinya biar diliat enak

    BalasHapus
  4. Mantap, sangat membantu gan...

    BalasHapus