Cara Mengaktifkan USB Debugging Di Android

Kembali ke Android 4.2, Google menyembunyikan Opsi Pengembang. Karena sebagian besar pengguna "normal" tidak perlu mengakses fitur ini, hal itu menyebabkan sedikit kebingungan untuk menjaganya agar tidak terlihat. Jika kamu perlu mengaktifkan setelan pengembang, seperti USB Debugging, kamu dapat mengakses menu Pilihan Pengembangan di bagian About Phone pada menu Settings.



Cara mengakses Pilihan Pengembangan (Developer Options)
Untuk mengaktifkan Pilihan Pengembangan / Developer Options, buka Pengaturan, gulir ke bawah, lalu sentuh Tentang Perangkat.
Setelah masuk ke Tentang Perangkat. Lalu gulir kebawah dan sentuh Info Perangkat Lunak.

Selanjutnya sentuh Nomor Versi 7 kali untuk mengaktifkan Pilihan Pengembangan. Sentuh beberapa kali dan kamu akan melihat notifikasi hitung mundur."Hanya x langkah lagi agar Anda menjadi pengembang."
 Setelah selesai kamu akan melihat notifikasi "Mode pengembangan telah aktif".
Sentuh tombol kembali dan kamu akan melihat Pilihan Pengembangan diatas pilihan Tentang Perangkat. Kamu tidak perlu mengulangi proses ini untuk mengaktifkan Pilihan Pengembangan kecuali jika kamu melakuan factory reset kamu.

Cara Mengaktifkan USB Debugging
Untuk mengaktifkannya, kamu harus ke menu Pilihan Pengembangan, gulir kebawah kebagian Mendebug, dan aktifkan "Mendebug USB" dengan menyentuh slider yang ada disebelah tulisan tersebut. Lalu klik Ok ketika ada notifikasi.

Jika kamu ingin menonaktifkan USB Debugging dan pilihan pengembang lainnya ketika kamu tidak membutuhkannya, sentuh slider yang ada tulisan Aktif.

Pilihan Pengembang adalah setelan daya untuk pengembang, namun bukan berarti pengguna non-pengembang juga tidak dapat memanfaatkannya. USB debugging diperlukan untuk hal-hal seperti adb, yang pada gilirannya digunakan untuk perangkat rooting. Begitu perangkat kamu telah diroot, kemungkinannya tidak terbatas.