Apa Itu SLI atau Crossfire ?

Kamu mungkin pernah mendengar istilah SLI, atau Crossfire, tetapi kamu bingung apa artinya itu.
Saat ingin membeli Graphics Card (VGA/GPU), kamu sebaiknya membeli satu GPU terbaik yang dapat kamu beli. Jika kamu berencana untuk menjalankan komputer pada resolusi tinggi (seperti 4K) atau bermain game dengan kualitas paling tinggi, kamu bisa menggunakan 2 atau lebih GPU dan menjalankannya secara SLI jika satu GPU yang kamu gunakan tidak cukup kuat.

Apa Itu SLI atau Crossfire ?

Apa Itu SLI atau Crossfire ?
SLI adalah teknologi yang dikembangkan oleh  Nvidia. SLI atau Scalable Link Interface adalah nama  teknologi multi-GPU yang dikembangkan oleh NVIDIA untuk menghubungkan dua GPU atau lebih bersama-sama untuk menghasilkan output tunggal.
SLI adalah algoritma pemrosesan paralel untuk graphics komputer, yang dimaksudkan untuk meningkatkan daya pemrosesan yang tersedia untuk graphics. Pada dasarnya, SLI memungkinkan kamu untuk menghubungkan beberapa GPU yang cocok dan bekerja secara bersama untuk menghasilkan satu output.
Crossfire merupakan teknologi yang sama seperti dengan SLI, tetapi dikembangkan oleh AMD.

Apa Itu SLI atau Crossfire ?

Performa Yang Dihasilkan
SLI/Crossfire umumnya meningkatkan framerate hingga 60-90% (biasanya hanya saat kamu menjalankan GPU secara 2-way).
Karena scaling biasanya bekerja dengan baik dalam pengaturan dua GPU

 
3 dan 4-Way SLI/Crossfire
Menambahkan lebih banyak GPU memungkinkan kamu untuk mendapatkan lebih banyak kinerja, tetapi hasil yang dikeluarkan bisa saja sama.
Selain itu, memiliki lebih dari 1 GPU akan hampir selalu mengharuskan kamu untuk memiliki
Processor kelas atas (setidaknya i7 quad-core dengan hyper-thread), dan 4-way / Quad SLI akan membutuhkan Processor yang sangat tinggi (6 atau 8 core i7, atau Xeon).
Karena ketika kamu menambahkan lebih banyak GPU, kamu tidak ingin performanya terhambat karena Processor yang lambat. 
Dengan memiliki Processor yang kuat, GPU dapaet berkomunikasi dengan Processor tanpa adanya hambatan, agar tidak  menghasilkan lag, stuttering, kualitas buruk, atau dapaet mengakibatkan crash.

Apa Itu SLI atau Crossfire ?

4-Way dan Quad SLI/Crossfire
4-way berarti menjalankan 4 GPU secara bersamaan, sedangkan Quad berarti menjalankan 2 dual-GPU secara bersamaan. Quad memiliki scaling yang lebih baik, karena jumlah GPU yang harus dikelola lebih sedikit.
Lebih banyak GPU berarti lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan, dan lebih banyak ruang untuk kesalahan. 4-way juga menambah jumlah panas yang tinggi, dan scaling yang buruk, serta daya yang ditarik besar.
Nvidia tidak mendukung lebih dari 2-way SLI pada GPU seri Pascal (GPU lama mendukung 3-way dan 4-way / Quad). Kamu masih dapat menjalankan 4 Pascal GPU, tetapi performa akan dibatas pada game, sedangkan synthetic benchmark tidak dibatasi.
Kamu hanya bisa menggunakan High-Bandwidth SLI Bridge pada Pascal.