Apa Itu Thermal Throttling Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Panas adalah hal yang tak terelakkan dalam elektronik di mana panas bisa lebih sulit untuk ditaklukkan dan dapat merusak elektronik tersebut. Contohnya pada Laptop, ketika kamu gunakan dalam bermain game atau pun melakukan rendering otomatis laptop kamu akan bekerja secara penuh dan akan menghasilkan panas. Kali ini Gatrashare akan menjelaskan Apa Itu Thermal Throttling Dan Bagaimana Cara Mencegahnya.


Apa Itu Thermal Throttling ?
Ketika Laptop bekerja secara penuh menggunakan CPU dan GPU, pada saat bermain game atau melakukan rendering, CPU dan GPU pada laptop akan menghasilkan banyak panas. Ketika pendingin sistem laptop tidak dapat lagi mengusir panas untuk menjaga suhu dalam kisaran yang aman, laptop kamu akan mulai mengurangi performanya untuk mengurangi panas yang dihasilkan. Frekuensi Core (CPU/ GPU) dan Memory (GPU) mulai turun bersamaan dengan framerate (FPS) pada game yang kamu mainkan atau akan memperlambat rendering yang kamu lakukan, sampai suhu turun ke kisaran yang aman. Semua GPU/CPU modern mempunyai fitur ini untuk melindungi komponen dari kerusakan. Dan, sementara Thermal Throttling itu sendiri tidak menyebabkan kerusakan apa pun, tetapi dapat memperpendek umur atau bahkan merusak Laptop kamu.


Bagaimana Cara Mencegahnya ?
Untuk mempertahankan kinerja, kamu perlu mengontrol panas yang dihasilkan. Mungkin tidak semua sistem mengalami hal yang sama. Ada berbagai skenario yang menentukan dampak Thermal Throttling pada sistem kamu. Seperti keringnya pasta, kipas yang pelan, atau debu yang menghambat aliran udara untuk mendinginkan sistem.

Kamu bisa mencegah Thermal Throttling dengan cara:
- Membersihkan perangkat kamu dari debu.
- Mengganti pasta yang sudah kering.
- Menggunakan Cooling Pad / Vacuum Cooler pada Laptop.
- Menambah kipas pada Case komputer.
- Mengganti Heatsink CPU stock menjadi Heatsink aftermarket pada komputer.
- Menurunkan Voltage dan mengatur kecepatan kipas.
Untuk melakukan tes Thermal Throttling kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Intel XTU atau Aida64. Jika kamu ingin me-monitoring sistem, kamu bisa menggunakan aplikasi MSI Afterburner.