Inilah Arti Anti-Aliasing Pada Game

Aliasing dalam gambar dapat digambarkan sebagai garis langkah tangga atau tepi bergerigi (juga disebut jaggies) yang sering ditemukan pada display dengan resolusi lebih rendah. Jaggies terlihat karena monitor tidak menggunakan resolusi yang cukup tinggi untuk dapat menampilkan garis halus.
Kemudian, antialiasing merupakan teknologi yang mencoba untuk menyelesaikan aliasing yang ditemukan pada gambar (atau bahkan dalam sampel audio).
Kalian mungkin menemukan pilihan antialiasing melalui pengaturan di game.
Kebanyakan game memiliki pilihan seperti 2x, 4x, 8x, dan 16x, atau 128x mungkin bisa diterapkan pada hardware dengan teknologi modern.



*Antialiasing sering disebut Anti-Aliasing atau AA, dan kadang disebut juga sebagai Oversampling.

Bagaimana Cara Kerjanya ?
Kita melihat kurva dan garis halus di dunia nyata. Namun, saat merender gambar untuk ditampilkan pada monitor, gambar tersebut dipecah menjadi elemen persegi kecil yang disebut piksel. Proses ini menghasilkan garis dan tepi yang sering tampak bergerigi.
antialiasing akan mengurangi masalah ini dengan menerapkan teknik tertentu untuk menghaluskan bagian tepi gambar yang lebih baik secara keseluruhan. Mungkin bekerja dengan sedikit mengaburkan tepi sampai ujung bergerigi tidak atau sedikit terlihat. Dengan sampling piksel di sekitar tepi, antialiasing menyesuaikan warna piksel di sekitarnya, mencampuradukkan tampilan bergerigi.
Meskipun pencampuran piksel dapat menghilangkan tepi yang tajam, efek dari antialiasing bisa membuat piksel tampak kabur atau tidak jelas.

Jenis Antialiasing
Berikut adalah beberapa jenis teknik antialiasing:
Supersample Antialiasing (SSAA): Proses SSAA mengambil gambar beresolusi tinggi lalu menurunkannya ke ukuran yang dibutuhkan. Menghasilkan tepi yang jauh lebih mulus, namun memerlukan lebih banyak sumber daya dari GPU, seperti membutuhkan memori video yang banyak.
SSAA tidak banyak digunakan lagi karena banyak menggunakan daya yang dibutuhkannya.

Multisample Antialiasing (MSAA): Proses pengambilan sampel MSAA memerlukan sumber daya yang lebih sedikit dengan hanya mengabadikan sebagian gambar, terutama poligon. Proses ini tidak begitu intensif. Sayangnya, MSAA tidak bekerja dengan baik pada tekstur alpha/transparan, karena tidak terjadi di seluruh pemandangan, dan kualitas gambar mungkin dapat berkurang.

Adaptive Antialiasing: Merupakan lanjutan dari MSAA yang bekerja lebih baik pada tekstur alpha/transparan namun tidak memakan banyak bandwidth dan sumber daya dari GPU seperti yang dilakukan oleh Supersampling.

Coverage Sampling Antialiasing (CSAA): Dikembangkan oleh NVIDIA, CSAA menghasilkan hasil yang serupa dengan MSAA berkualitas lebih tinggi dengan hanya sedikit memakan biaya kinerja dibandingkan dengan standar MSAA.

Enhanced Quality Antialiasing (EQAA): Dikembangkan oleh AMD untuk GPU Radeon mereka, EQAA serupa dengan CSAA dan memberikan kualitas antialiasing lebih tinggi diatas MSAA dengan dampak kecil pada kinerja dan tidak adanya persyaratan memori video yang meningkat.

Fast Approximate Antialiasing (FXAA): FXAA adalah penyempurnaan dari MSAA yang jauh lebih cepat dengan biaya kinerja hardware yang lebih rendah. Menghaluskan tepi pada seluruh gambar.
Gambar dengan antialiasing FXAA tampak sedikit lebih kabur, jenis ini tidak berguna jika kalian mencari tampilan yang tajam.

Temporal Antialiasing (TXAA): TXAA adalah proses antialiasing baru yang menghasilkan hasil yang lebih baik dari FXAA dengan menggabungkan beberapa teknik perataan yang berbeda, namun dengan biaya kinerja yang sedikit lebih tinggi. Metode ini mungkin tidak bekerja pada semua GPU.

2 komentar

  1. Indikator PC Super: Anti-aliasing gas pol mentok kanan tapi FPS 45+

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anti-Aliasing emang berat, saran sih pake FXAA aja kalo reso FHD.

      Hapus